1) Tabung Lumpur : Tabung lumpur adalah tanda utama rayap. Tabung lumpur berukuran kira-kira selebar pensil, biasanya di atas beton, bergerak dari tanah ke kayu terdekat. Mereka mudah dikenali. Sepertinya rumah Anda tumbuh berakar. Jika Anda menggunakan pondasi lempengan, lihat sekeliling bagian luar rumah untuk mencari tabung lumpur yang bergerak dari tanah ke dinding. Jika Anda berada di atas fondasi ruang merangkak, lihat sekeliling bagian luar fondasi dan di dalam ruang merangkak. Kayu tidak boleh langsung menyentuh tanah karena dapat menarik rayap dan memberi mereka jalan untuk masuk ke dalam rumah tanpa membangun tabung lumpur.

2) Lubang Kecil di Kayu : Kayu yang terinfestasi adalah tanda yang mudah dikenali. Anda mungkin melihat kayu ini di dek dan struktur kayu luar ruangan lainnya, yang sangat rentan terhadap kerusakan rayap. Jika Anda melihat masalah di luar, seluruh rumah mungkin harus dirawat.

3) Gelembung Kecil dalam Cat : Jika rayap telah memakan kayu di bawah cat, maka cat akan membentuk lepuh kecil.

4) Serbuk gergaji : Anda mungkin melihat serbuk gergaji, terutama di sekitar kusen pintu atau di mana pun yang gelap dan lembab. Jika Anda melihat serbuk gergaji, lihat sekeliling untuk melihat apakah Anda dapat menemukan lubang kecil atau kayu yang tampak aneh.

5) Sayap Rayap : Setelah rayap berkerumun, mereka segera melepaskan sayapnya. Jika ada rayap, Anda akan melihat ada banyak sayap kecil.

6) Suara Kayu Berongga : Jika ada tanda lain seperti lubang kecil, serbuk gergaji, atau sayap kecil, ambil obeng dan ketuk kayu di sekitarnya. Cobalah menusuk kayu yang terdengar hampa. Jika rayap menyebabkan kerusakan, obeng Anda akan mudah menusuk kayu. Anda bahkan mungkin melihat rayap hidup.

7) Rayap Hidup : Biasanya, rayap tidak akan keluar di tempat terbuka; namun, Anda mungkin menemukan beberapa saat menelusurinya. Mereka lebih kecil dari yang diperkirakan kebanyakan orang, seukuran sebutir beras, dan berwarna kuning yang sangat terang, hampir tembus cahaya.

8) Kawanan Rayap : Akhirnya, Anda mungkin benar-benar menyaksikan kawanan rayap, di mana ribuan rayap akan terbang di sekitar bagian dalam rumah Anda selama sekitar 30 menit. Berkerumun adalah bagian dari siklus reproduksi rayap dan paling sering terjadi setelah hujan pada hari-hari musim semi yang hangat.

Jika Anda curiga ada rayap, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghubungi profesional jasa basmi rayap solo. Minta rekomendasi teman dan tetangga. Dapatkan kualitas terbaik dengan harga terbaik. Rumah Anda adalah investasi jangka panjang.

Tanda Rayap – 8 Tanda Pasti dari Masalah Rayap

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *