Sebab suatu proses percetakan kuno pada kain telah mengalami masa perkembangan dan perubahan yang sangat pesat dalam sepuluh tahun terakhir.

Kain sablon konveksi kemeja menggunakan layar datar telah menjadi teknik mapan untuk mengaplikasikan warna dan desain pada kain hingga saat ini. Proses ini cocok untuk proses sedang hingga besar. Untuk volume yang sangat tinggi, pencetakan layar putar adalah proses normal. Biaya pemasangan untuk mengukir dan memproduksi layar sangat tinggi, tetapi karena ukuran pengerjaannya, mereka menjadi yang paling ekonomis.

Proses kecil tidak ekonomis menggunakan salah satu dari teknik ini untuk pencetakan kain. Hal ini membuat lari kecil sangat mahal karena biaya pemasangan yang tinggi dan di pasar bendera dan spanduk, lari kecil biasanya dicetak dengan tangan, diaplikasikan atau dibordir.

Kemudian datanglah teknik baru pencetakan kain. Pencetakan kain digital memperkenalkan konsep yang sama sekali baru di mana proses kecil dapat dilakukan dengan biaya yang jauh lebih rendah. Mencetak secara digital ke kain yang terbuat dari poliester kini telah mencapai ketinggian baru berkat pekerjaan pengembangan berkelanjutan oleh produsen kain yang berdedikasi pada bentuk pencetakan pada kain ini.

Hasil menakjubkan sekarang dicapai pada kain dan ini dapat dilihat dalam berbagai aplikasi mulai dari cetak bendera , spanduk, kanvas artis, grafik pameran, tampilan seluler, sistem tampilan peregangan, tetesan belakang teatrikal, tampilan tempat penjualan, perabot rumah tangga, jendela tirai, roller blind, dll. Mencetak pada kain untuk berbagai aplikasi yang terus meningkat ini menuntut penelitian dan pengembangan yang cermat dan berkelanjutan. Hal ini memastikan kain bekerja dengan baik saat digunakan pada berbagai mesin cetak digital dengan kombinasi tinta yang luas dari tinta dye-sub berbasis air hingga tinta UV, pelarut dan lateks.

Mencetak kain menggunakan pewarna-sub berbasis air langsung ke tekstil poliester membutuhkan kimia kompleks yang diterapkan pada kain untuk memastikan printer mendapatkan kinerja optimal dari tinta, mesin dan sobekan yang digunakan. Ini kemudian akan memberikan definisi tinggi, warna yang kuat dan cemerlang dan bila diperlukan untuk bendera dicetak dengan sangat baik, untuk semua jenis pencetakan pada kain.

Meskipun kain poliester pencetakan celup mungkin menghasilkan hasil terbaik, kemajuan dalam tinta UV berarti bahwa hasil telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Tinta menjadi lebih fleksibel sehingga cocok untuk pencetakan tekstil. Selain teknologi tinta Latex ini juga berarti bahwa tinta tersebut cocok untuk tekstil. Hal ini semakin menjadi bukti pentingnya kain untuk digital printing dimana tekstil menggantikan media tradisional seperti PVC. Produsen mesin dan tinta telah menanggapi tantangan ini dengan baik dengan mengadaptasi mesin dan tinta.

Perkembangan baru-baru ini telah melihat pengenalan dua kain kompos dan biodegradable ramah lingkungan yang disebut Gossyp (kapas) dan Chorus (rami). Mencetak pada kain yang dapat menjadi kompos dan dapat terurai secara hayati menjadi semakin penting karena pajak TPA terus meningkat dan tidak lupa bahwa kain poliester tentu saja dapat didaur ulang. Ini sangat penting bagi perusahaan-perusahaan yang menyadari meningkatnya permintaan akan lebih banyak produk ramah lingkungan.

Perkembangan Pencetakan Kain

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *